Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 15 Januari 2012

Cara Jitu Perkenalkan Blog Baru ke Search Engine


Sebuah pertanyaan mendasar yang sering muncul  pada saat Sohib berencana untuk membuat Website atau Blog adalah bagaimana caranya agar Blog atau website yang Sohib buat dapat cepat terindex atau dikenali oleh Search Engine khususnya Eyang Google. Keinginan tersebut tidaklah berlebihan karena memang tujuan kita melakukan Blogging adalah tentang bagaimana caranya agar orang membaca dan mengetahui ide-ide kita yang dituagkan dalam situs baik berupa blog maupun website dan itulah sebetulnya “ruh” blogger, tanpanya fungsi blogging akan kurang maksimal alias tulisan yang dibikin hanya akan menjadi konsumsi pribadi si penulis dan tidak berefek kepada orang lain.
  Blog yang baru dibikin akan membutuhkan waktu beberapa lama untuk di kenali oleh Eyang Google, Pengalaman Pak De-i pada saat pertama bikin blog dulu sampai satu minggu baru dapat dikenali oleh Eyang Google, jadi waktu itu kalau Pak De-i ketik alamat Blog yang Pak De-i bikin Eyang Google memberikan informasi bahwa alamat yang saya cari tidak ada, baru setelah satu Minggu Pak De-I ketik dalam pencarian Eyang Google udah muncul. Kalau Blog yang ini Pak De-I bikin siang, malamnya teman Pak De-I yang di Yogyakarta search sudah muncul di Search Engine-nya Eyang Google.
  Sebetulnya ada beberapa cara yang dapat Sohib tempuh agar Blog atau Website yang Sohib bikin dapat lansung terindex oleh search engine salah satunya adalah dengan cara membeli Blog atau Website yang sudah lama, karena yang pasti Blog ini sudah dikenali oleh Eyang Google jadi Sohib gak usah nunggu-nunggu sampai beberapa lama agar Blog Sohib terindex oleh Eyang Google, namun langkah ini kurang bagus karena belum tentu alamat Blog yang Sohib beli kemungkinan besar tidak sesuai dengan yang Sohib inginkan, misalnya Sohib pengin bikin Blog yang berisi tentang Tutorial blogger ternyata Sohib beli Blog yang beralamat http://desainexteriorinterior.blogspot.com kan gak nyambung alias “Joko Sembung bawa gitar” hahahahaha… Jadi Pak De-I sarankan lebih baik Sohib bikin Blog baru aja dengan sedikit bersabar sampai Blog yang Sohib bikin dapat terindex oleh Eyang Google. Hal ini akan lebih baik untuk proses pembelajaran kalau misalnya Sohib termasuk Newbe dalam dunia per-blogg-an, Sohib akan lebih bisa mengikuti setiap proses dan seluk beluk pembuatan Blog atau Website lagian sambil menunggu Blog atau Website yang Sohib bikin terindex oleh Eyang Google Sohib dapat melakukan setting hingga sesuai dengan keinginan Sohib.
 Jadi bagaimana doong caranya agar Blog atau Website yang baru dibikin cepat dapat terindex oleh Eyang Google…? Di bawah ini Pak De-i sampaikan beberapa cara agar Blog yang Sohib bikin dapat cepat terindex oleh Eyang google:

Pertama: Buat artikel yang menarik dan berkualitas, artikel yang berkualitas itu seperti apa? Apa artikel yang menggunakan bahasa-bahasa elit yang susah dipahami oleh masyarakat umum atau artikel yang menggunakan bahasa gaul..? jawabannya bukan, artikel yang berkualitas adalah artikel yang berisikan informasi yang dibutuhkan oleh orang banyak, sehingga kalau ada pengunjung yang baca minimal pengunjung tersebut akan mendapatkan pencerahan dari artikel yang Sohib Posting. Pak De-I sangat sarankan agar artikel yang Sohib bikin adalah artikel karya sendiri dan bukan merupakan hasil Copy Paste karena disamping tindakan copy paste ini akan mematikan kreatifitas juga perlu Sohib ketahui bahwa Eyang Google sangat tidak menyukai duplicate content atau bahasa gampangnya artikel dari hasil copy paste. Jika Sohib kesulitan menemukan ide posting Sohib ambil artikel di internet sesuai yang sohib inginkan lalu lakukan pengeditan dengan catatan tidak boleh melenceng dari tema dan isi artikel yang di ambil.

Kedua: Langkah selanjutnya Sohib buat minimal 5 artikel (sekali lagi, artikel karya sendiri) Hindari adanya “under constructions page” atau page/halaman yang masih rusak dan usahakan buat artikel yang unik, dan tentu saja karya kalian sendiri walaupun itu hanya terdiri beberapa paragraf (usahakan lebih dari 500 kata, karena denger-denger Google lebih memperhitungkan artikel yang lebih dari 500 kata).


Ketiga: Buatlah Internal Link untuk Halaman Sohib, Letakkan konten blog  pada satu template dengan satu struktur menu, hal ini akan mempermudah bagi pengunjung Blog Sohib Untuk menemukan artikel-artikel yang Sohib posting. Selanjutnya usahakan Sohib bikin setiap posting mempunyai internal link, untuk blog baru sangat di sarankan agar link-nya ke homepage dulu, langkah ini diambil untuk lebih meningkatkan lalu lintas kedalam blog. Bagaimana paham kan..? kalau belum paham coba Sohib KLIK DISINI, Sohib akan di bawa pada homepage Blog Pak De-I ini, tapi jangan lupa balik kesini lagi karena masih ada beberapa point yang akan Pak De-I sampaikan.
Udah balik kesini lagi…? Oke kita lanjutkan pembahasannya pada point-point berikutnya.

Keempat: Usahakan Sohib tinggalkan komentar setiap mengunjungi Blog, lebih-lebih Blog yang sudah mempunyai tingkat kepopuleran tinggi dan sering dikunjungi, Sohib bisa memulai  komentar setelah membaca blog Pak De-I ini, memang belum popular Blog besutan terbaru Pak De-I kali ini, karena hingga Pak-De-I bikin posting yang Sohib baca ini umur Blog ini baru kurang lebih 1 minggu, tidak ada salahnya jika Sohib memulai saran Pak-De-I dari sini. Usahakan minimal 5 kali sehari Sohib bikin komentar (hehehe… kaya sholat aja ya 5X sehari) pada artikel-artikel yang baru dibikin. Jika Sohib bikin komentar di blog dofollow itu akan lebih bagus yang terpenting jangan SPAM atau komentar sampah


Kelima: Selanjutnya Sohib Buat, Kirim, dan Ping Sitemap XML kalian, untuk cara membuatnya Pak De-I akan beri tahu caranya pada posting-posting selanjutnya, semoga Tuhan masih memberikan waktu ke Pak De-I untuk berbagi, hehehe..  Sohib dapat membuat dan men-submit sitemap blog Sohib  gratis di http://www.google.com/webmasters/ dengan cara buat account dengan Google Webmaster Central, menambahkan situs Sohib, dan mengirimkan sitemap XML ke Google Webmaster

Keenam: Buat akun Google analytics dengan cara Install Google Analytics,Tambahkan Google Analytics ke blog Sohib. Jangan lupa untuk mengambil kode verifikasi untuk selanjutnya melakukan verifikasi blog Sohib ke Google analytics agar data Sohib segera terproses.

Ketuju:Iklankan Blog Sohib di Google AdWords, Buat account dengan Google Adwords dan mulai memasang/mengiklankan blog anda di sana, Meskipun hanya dengan beberapa cent atau mungkin beberapa dollar,maka Google akan melihat landing page web/blog Sohib karena berkaitan dengan Quality Score iklan Sohib. Atau jika memang Sohib tidak ingin keluar uang, lewati saja langkah ini.

Kedelapan: Lakukan Submit Blog Sohib ke sarana Search Engine yang lain,Seperti kita ketahui bersama bahwa Search Engine bukan hanya Eyang Google saja ada beberapa layanan Search Engine yang lain seperti Yahoo,Ask, MSN dan lain-lain, namun memang hingga saat ini Eyang Google memang menjadi pilhan utama para netter untuk mendapatkan informasi yang diinginkan oleh para peselancar di dunia maya

Selanjutnya silahkan Sohib lakukan langkah-langkah yang Pak De-I sarankan agar Blog atau Website yang Sohib bikin cepat terindex oleh mesin pencari, semoga berhasil sesuai dengan harapan. Kalau ada hal-hal yang ingin ditanyakan silahkan tulis pertanyaan Sohib di kolom komentar dibawah ini
Selamat mencoba…

referensi : tituitbom.com

Artikel terkait lainnya:

3 komentar:

  1. Bismilah pa de-I ane coba buka lapak diblogger pokok e ikuti semua saran pak De-I mudah mudahan laris ....eit tp mbok di kasih saran kira kira yg kudu ane beresin apalagi ya untuk bisa bersaing dgn web yg sejenis dan sdh lebih lama terbit...thx pak. http://ramuankhasmadura.blogspot.com

    BalasHapus
  2. thank infonya gan
    jgn lupa kunjungi blog ku untuk dapat program
    program tertentu

    BalasHapus
  3. terimakasih info gan, jangan lupa kunjungi juga nih web terbaru saya http://hewan.co

    BalasHapus