Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, 21 Januari 2012

Cara Meningkatkan SERP



Hai Sohib, gimana kabar....? Menyenangkan sekali bisa bertemu Sohib kembali dengan semangat baru dan trik baru tentunya hehehe.... Pak De-i kali ini mau berbagi tips untuk Sohib semua, yaitu tentang Cara Meningkatkan SERP atau Search Engine Result Page. Sebetulnya hal inilah yang sangat di cari oleh para blogger agar karya mereka mendapat urutan teratas pada pencarian Search Engine seperti eyang Google misalanya. Akan merasa mendapatkan penghargaan tertinggi rasanya jika jerih payah yang kita lakukan mendapatkan urutan teratas dalam Search Engine. Puas deeh rasanya....
Dalam blog walking Pak De-i kali ini, Pak De-i temukan artikel yang relevan dengan itu semua dan Pak De-i yakin ini akan sangat bermanfaat buat Sohib semua untuk meningkatkan blog Sohib pada tingkat yang lebih bagus di mata Search Engine

Sebelum kita bahas lebih lanjut sebaiknya kita pahami dulu tentang apa itu SERP? SERP (Search Engine Result Page) , yang dapat diartikan dengan sederhana adalah Halaman dari mesin pencarian yang berisi dari beberapa list situs atau blog dan ditampilkan secara berbaris, atau kalau sekarang SERP Blog dapat diartikan posisi dari tampilnya blog tersebut di halaman mesin pencari ( contohnya : google ).

SERP dan SEO mempunyai korelasi yang cukup signifikan dan berpengaruh terhadap segala aspek untuk membuat blog yang Sohib bikin menjadi lebih mudah terdeteksi atau membuat pengunjung untuk datang dan memperoleh informasi di blog Sohib
Oke Sohib kita langsung saja ke TKP

1.Cara meningkatkan SERP.

Cara meningkatkan SERP tidak lepas dari penerapan SEO baik secara on page ataupun off page pada blog Sohib

Langsung ke tekhniknya . ( sederhana saja yah )

Untuk Pengoptimalan SEO on Page :
Tulis Judul se Relevan mungkin ( karena ini lah yang sangat berpengaruh pada tampilan mesin pencari untuk menampilkan blog kita berada diurutan halaman pertama mesin pencari , usahakan memberikan judul yang jelas tapi berisi dan berkaitan dengan apa yang Sohib bahas dalam materi tersebut , usahakan memberi judul dengan awal kalimat yang paling banyak dicari oleh pengunjung sebagai contoh : " Cara Submit Web Blog Ke ask.com Dengan Mudah ", nah dengan memberikan awalan kalimat dengan " cara " pasti pengunjung rata - rata mengetikkan kata kunci di mesin pencari dengan sebuah kalimat solusi atau pertanyaan , usahakan memberi judul blog dengan panjang 60 karakter ( karena google menampilkan penuh 60 karakter )

Intinya buatmateri yang bermutu dan berbobot.

Tulis artikel dengan bahasa yang mudah dimengerti dan menggunakan kata - kata yang sering dipergunakan oleh pengunjung yang mengetikkan kata kunci di google sebagai awal pembuka paragraph atau artikel.( hal ini akan membuat google dalam meramban artikel kita agar bisa lebih bersahabat ). Buat artikel bahasa dan kalimat semenarik mungkin, karena pengunjung betah dengan membaca kalimat atau artikel yang tidak membosankan dan easy to read. ( bahasa linggis  )

Masih dalam materi artikel, masukkan link to post ( atau inlink di beberapa kata yang relevan menuju halaman lain yang ada di blog kita ), tetapi jangan lupa sesekali masukkan outlink ( atau link menuju situs lain ) karena hal ini juga walaupun tidak seberapa penting tetapi juga berpengaruh untuk menguatkan sebuah artikel. ( Nb: jangan terlalu banyak outlink karena ntar takutnya dianggap spamming ama google  ).Atau jangan lupa dengan Judul memberi kode head (
teks alternatif gambar / H2> dst ). dan jangan lupa juga membuat link ke halaman yang sama
Masukkan teks alternatif pada gambar ( karena ini adalah saran dari semua teknik pengoptimalan SEO onpage ).dengan memasukkan code: alt="teks alternatif gambar"sebagai contoh : " "Biasanya sebuah CMS / template sudah menyediakan kolom untuk mengisi teks alternatif untuk gambar saat gambar akan dimasukkan ke posting artikel.
Berikan Huruf Tebal ( bold ) atau Miring ( italic ), pada beberapa kalimat yang dianggap penting.
Berikan Pula deskripsi yang relevan dengan isi artikel / materi buat seunik mungkin tapi tidak aneh ( hehehe .. ), isi kalimat pertama dengan kata kunci yang akan dituju.
Isi keyword artikel dengan kalimat / kata yang relevan , tentunya juga dengan kata kunci dengan perkiraan banyak diisikan oleh pengunjung dalam mencari artikel.
PergunakanPlugin yang menyokong peningkatan SEO
Hal diatas setidaknya cukup untuk sebagai cara menguatkan materi atau halaman kita. Akan tetapi karena saya menggunakan wordpress , sehingga banyak kemudahan yang diberikan dengan menginstall beberapa plugin sehingga blog kita menjadi semakain relevan dan terkuatkan.
Tidak elak di blog wordpress kita harus menggunakan beberapa plugin untuk mempermudah blog kita dalam meningkatkan dan mengoptimalkan SEO kita.
Sebagai referensi yang saya gunakan adalah :
All in one SEO Pack ( plugin berfungsi untuk memudahkan kita dalam menuliskan deskripsi blog dan artikel yang terkait , mengisi keyword dan judul serta banyak keunggulan yang lain ), saya mengusulkan plugin ini karena plugin ini tidak crash dengan themes wordpress , tidak seperti SEO Ultimate walaupun lebih lengkap akan tetapi saya pernah dibuat kewalahan karena plugin ini crash dengan CSS dan juga struktur blog saya. ( plugin ini disarankan biar mempermudah memasukkan deskripsi , keyword dll. dalam menulis dan meyelesaikan artikel )
KB - robot / PC - robot , plugin ini berfungsi sebagai pembuat robot.txt yang mengontrol crawl mesin pencari dalam mengindex seluruh halaman blog kita, halaman mana yang boleh di index atau tidak ( untuk setting plugin ini bisa sahabat cari di blog sahabat yang lain dan apanila nanti ada waktu saya akan menulis artikel yang lain tentang membuat robot.txt secara manual , tentunya dapet dari blognya para master ).
Google XML Sitemap Generator, Plugin ini berguna sebagai pembuat sitemap dan secara otomatis mengupdate alamat dari blog kita agar Mesin Pencari atau mbah google itu bisa dengan mudah mengetahui semua alamat blog kita apakah sudah tidak ada lagi ataukah ada update yang terbaru , dan keunggulan plugin ini akan secara otomatis memberitahu atau ping. ke situs mesin pencari untuk update artikel atau isi blog yang terbaru saat kita mengupdate materi blog ( bingung bahasanya belibet )
SEO Smartlink , bagus karena Plugin ini akan secara otomatis memberikan / memasukkan link di kata yang relevan menuju sebuah halaman blog tersebut dan bekerja berdasarkan tag , kata kunci ataupun deskripsi blog ( jadi ntar kalau kelupaan memasukkan inlink / link to post pada artikel kita, biar plugin ini yang menyelesaikan ) hehehe..
Dan 2 plugin yang Sangat Ampuh buat Blog kita buatan anak negeri tepatnya Plugin buatan om Purwedi Kurniawan , SEO ARLP dan STT2 ( Search Terms and Tagging 2 ) recomended dah  .
DP excerpt / Auto Excerpt , plugin ini secara otomatis memasukkan "readmore" pada artikel bisa disetting dengan mudah , dan kita tanpa perlu repot - repot memasukkan code readmore secara manual , Plugin ini juga tidak berdampak crash pada themes kita atau bisa dibilang plugin ini friendly tidak seperti Advance Excerpt yang sering buat blog kita crash dan membuat CSS kita tidak valid ( recomended juga dah )
Dan masih banyak plugin yang lainnya tapi yang bagi saya sip ya make plugin yang diatas  .
Untuk Pengoptimalan SEO Off Page :
Tentunya dengan blogwalking dan berkomentar di blog lain dan meninggalkan link blog kita yang notabene mempunyai blog dofollow ( no follow juga boleh), ingat komentar sahabat harus relevan jangan seenaknya saja , ntar spamming lagi, jangan cuma bertujuan untuk mencari backlink saja. Tuliskan alamat blog kita dengan kata - kata ajakan dengan sopan agar dapat mengunjungi blog kita.( slow but sure  )
Dengan melakukan Ping , ( banyak situs yang meyediakan layanan ping ke banyak search engine , seperti contoh : mypagerank.com, pingform.com dll. ) lakukan ping setiap 3hari sekali gak usah banyak banyak atau lakukan ping setelah membuat sedikitnya 5 / 10 artikel ( kalau terlalu sering bisa dianggap spammer )
Mendaftarkan blog kita ke banyak Situs direktori umum / lainya .
Perbanyak Backlink ( tapi jangan spamming yah ).
Menggunakan software untuk dioperasikan di kompi yang bertujuan untuk meningkatkan pengunjung./ backlink.
Yang terpenting nih ya, dengan memanfaatkan situs lain yang menwarkan pelayanan secara gratis untuk meningkatkan kualitas / rangking blog kita ( seperti contoh : pasang blog kita di iklan gratis, situs submitter directory gratis dll. )
Dan banyak yang lainnya kalau dilanjutin gak bakalan abis nih tulisan  .
Dengan sedikit saran dari saya diatas semoga bisa menjadikan bahan masukkan bagi sahabat , pokoknya inti dari mendapat SERP adalah dengan Optimasi SEO.
Saya juga mau berpendapat tentang SERP ini, Walaupun mungkin kita sudah meningkatkan rating blog kita di SERP dan pada waktu kita lihat menggunakan google atau search engine lainnya blog kita tampil di halaman pertama google , jangan terlalu senang dulu karena itu tidak akan selalu bertahan , karena blog jumlahnya ratusan juta dan artikel juga mungkin berjumlah milyaran bahkan trilyunan yang nanti akan terdeteksi oleh kata kunci tersebut. Tak elak hanya dalam sepersekian detik andai posisi blog kita diurutan pertama maka akan berubah dan berpindah posisi walaupun kita mengetikkan kata kunci yang sama. Dan pasti di setiap waktu para blogger / webmaster yang lainnya menuliskan artikel yang hampir sama bahkan mempunyai ulasan yang sama yang sedang sahabat buat.
Page Rank juga berpengaruh pada posisi blog , tingkat populer atau jumlah pengunjung juga berpengaruh pada SERP , dan semua tergantung kita sendiri.
Sebagai contoh saya kemarin meuliskan kata kunci "Gratis" pada pencarian google , dan secara tidak sadar menemukan blog saya pada urutan ke 9 pada pencarian diantara 2milyar lebih kalo gak salah, gak ada 1menit saya refresh halaman , dan posisi blog saya tiba tiba hilang entah dimana jejaknya  .. Hasil Pencarian pun semakin besar , bukan hanya ratusan atau ribuan saja hasil pencarian itu bertambah akan tetapi kurang dari `1menit sudah bertambah puluhan juta , waw.
Sumber info: http://inforiatif.com/cara-meningkatkan-serp-index-google-dan-fakta-persaingan

Artikel terkait lainnya:

1 komentar: