Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 31 Januari 2012

Tips memilih Tanaman Indoor

Tanaman hias bisa mempercantik ruangan jika Anda memilih jenis tumbuhan yang tepat. Kriteria tanaman indoor bisa Anda sesuaikan dengan media tanam yang cocok berada dalam ruangan.

Tanaman hias indoor harus tahan terhadap temperatur ruangan, kelembaban yang rendah, sirkulasi udara yang relatif sedikit dan juga harus bisa menyesuaikan dengan ruangan ber AC. Ketahanan dalam ruangan minimal selama 2 minggu.

Media tanam juga menentukan kelangsungan hidup tanaman hias. Sifat porous, yang dapat menahan sedikit air adalah sifat yang harus dimiliki media tanam. Sekam bakar, cacahan pakis, cocopeat adalah media tanam yang cocok. Anda bisa menyesuaikan dengan jenis tanaman hias yang akan ditanam. Humus daun atau pupuk kandang yang telah diproses juga perlu ditambahkan.

Pertimbangkanlah tanaman apa yang Anda pilih mengingat tidak semua jenis tanaman hias yang cocok diletakkan dalam ruangan. Berikut adalah tips untuk memilih jenis tanaman hias yang tepat:
  1. Jenis dan Fungsi
    Ada dua jenis tanaman hias. Berbunga dan tidak berbunga atau biasa disebut tanaman hias daun. Anggrek, adenium, mawar adalah contoh tanaman hias berbunga sebab keindahannya bisa dinikmati dari bunganya. Sedangkan tanaman hias daun adalah keindahan corak dan warna daunnya yang bisa dinikmati. Contohnya anthurium, aglaonema, sanseviera. Tanaman hias daun adalah yang kebanyakan dipilih sebagai tanaman hias indoor.

    Tentukanlah apa fungsi dari tanaman hias yang akan Anda letakkan dalam ruangan. Apakah sebagai memperindah sudut ruangan atau pembatas pandangan. Pilihlah tanaman berdaun unik dan berwarna indah jika untuk pemanis ruangan. Sedangkan tanaman berdaun cukup besar dan lebat cocok sebagai pembatas ruangan.

    Beberapa tanaman hias yang dapat digunakan sebagai tanaman hias indoor adalah : dari jenis tanaman hias berbunga; anthurium bunga, begonia, spathiphylum, anggrek. Dari jenis tanaman hias daun; andiantum, aglaonema, sanseviera, caladium, philodendron, cordyline, dracaena dll.
  2. Daya Tahan Tanaman
    Intensitas cahaya, kelembaban, sirkulasi udara dan temperatur adalah faktor lingkungan yang mempengaruhi daya tahan tanaman. Tanaman hias indoor adalah tanaman yang tahan akan intensitas cahaya matahari yang rendah. Selain itu juga tahan terhadap udara kering dengan sedikit sirkulasi dan temperatur sedang.

    Tetapi tidak selamanya tanaman akan bertahan lama dalam ruangan. Lakukanlah rotasi minimal 2 minggu sekali. Letakkan kembali diluar tanaman hias tersebut. Dengan begitu tanaman tetap tumbuh dengan baik sebab diberi kesegaran. Ingatlah sinar matahari tetap dibutuhkan tanaman untuk fotosintesis.
  3. Sistem Perawatan Tanaman
    Sistem perawatan yang paling gampang bisa Anda dapatkan pada tanaman hias yang memerlukan intensitas matahari yang tinggi. Perawatan intensif kadang dibutuhkan juga oleh beberapa tanaman hias. Bagi Anda pemula, carilah tanaman hias yang mudah perawatannya. Seperti sanseviera, dracaena, philodendron. Sedang yang butuh perawatan intensif; aglaonema, anthurium, calladium, anggrek.
Club On, ketelatenan memang diperlukan dalam merawat koleksi tanaman hias indoor. Anda akan merasa puas dengan memandang tanaman hias terlebih di kamar tidur.

Artikel terkait lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar