Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 31 Januari 2012

Tips memilih Pot untuk tanaman Indoor


Keberadaan indoor plant akhir-akhir ini menjadi daya tarik sendiri bagi kita. Masih melekat dalam pikiran kita bagaimana sebuah tanaman yang bernama Anthurium menjadi primadona tanaman hias di Indonesia. Harga yang selangit sangat menguntungkan bagi yang memilikinya.
Memang tidak bisa dipungkiri, tanaman indoor sangat digemari di masyarakat. Bukan hanya ‘kecantikan’ setiap jenis tanamannya, tapi juga sebagai solusi tepat jika kita memiliki lahan yang terbatas. Nah, pada postingan kali ini saya hanya membahas pemilihan pot untuk indoor plant. Berikut ini adalah beberapa jenis pot beserta ulasan kelebihan dan kekurangannya.

Pot Tanah Liat

Pot jenis ini sangat banyak digunakan. Bahkan nenek moyang kita sudah membuatnya beratus tahun yang lalu. Pot yang semakin beragam ini mulai yang kecil hingga super besar menjadi pilihan menarik bagi hobiis yang suka dengan pot. Selain sebagai wadah tanaman pot, tipe pot ini dengan ukuran raksasa sering digunakan sebagai pelengkap water feature sebagai point of interest pada area tertentu.
Ada beberapa kelebihan dari pot tanah liat. Diantaranya mempunyai pori yang bisa mengeluarkan air yang terlalu banyak, suhu yang relatif kecil di dalam media potnya, tidak berat (kecuali pot berukuran besar), hingga harga yang relatif murah. Kekurangan dari pot ini adalah mudah retak atau pecah.

Pot Plastik

Kekurangan dari pot tanah liat bisa diatasi dengan pot jenis ini. Pot berbahan dasar plastik punya kelebihan seperti kuat dan awet, harga lebih murah, beragam warna, corak, dan bentuk serta ukuran yang lebih beragam.
Memang pot plastik sudah menjadi pilihan beberapa pecinta tanaman pot, bahkan sobat sendiri mungkin punya pot plastik ini. Namun kekurangan dari pot ini adalah tidak adanya pori-pori untuk mengeluarkan air serta sirkulasi udara yang kurang lancar. Efek yang sangat mungkin terjadi adalah suhu di dalam pot akan naik.

Pot Keramik

Bahan dasar pembuat pot lainnya adalah keramik. Selain bentuk, warna, corak yang beragam serta bahan dasar yang kuat, pot jenis ini juga sering digunakan untuk wadah menanam tanaman pot.
Kelemahan dari pot ini adalah tidak adanya pori-pori yang dapat mengeluarkan air, suhu yang tinggi di dalam pot, serta berat pot yang menjadi kendala dalam memindahkannya pada area yang diinginkan.

Pot Kaleng

Pot kaleng? Benar pot kaleng juga tidak asing lagi. Waktu saya kecil juga punya pot ini. Selain mudah membuatnya, kita juga mudah untuk mencari bahan ini seperti kaleng susu, kaleng makanan, dan masih banyak lagi.
Dalam perkembangannya pot kaleng ini makin banyak corak, warna, bahkan bentuk yang lucu dan menggemaskan bisa menjadi pilihan kita dalam memilih pot. Kekurangannya adalah sama dengan jenis pot keramik dan pot plastik. Tidak ada pori-pori serta suhu yang tinggi di dalam media.

Pot Kaca

Pot kaca seperti halnya akuarium di rumah kita. Bahan yang tembus pandang ini sudah banyak kreasinya. Bahkan pot ini sudah punya media sendiri untuk menanam tanaman pot. Seperti sebelumnya, pot kaca tidak mempunyai pori-pori, dan suhu yang tinggi dan akar tanaman yang terlihat menjadi pemandangan yang kurang enak dilihat. Media tanam yang bagus untuk pot jenis ini adalah Hidrogel.
Hidrogel adalah media tanam tanaman pot yang terbaru. Hidrogel mempunyai warna dan bentuk yang beragam. Selain itu dengan hidrogel kita juga jarang sekali menyiram tanaman kita karena kandungan air yang ada pada hidrogel berguna untuk menyiram tanaman kita yang ada di dalam pot kaca tersebut.

Pot Kayu atau Bambu

Yang terakhir adalah pot kayu atau bambu. Kedua jenis bahan ini mempunyai kelebihan tampilan yang natural dibandingkan dengan pot dengan bahan lainnya. Pot berbahan bambu anyaman sangat cocok sebagai wadah bagi tanaman yang mempunyai bentuk yang besar. Namun kekurangan dari bahan ini adalah mudah lapuk dan rusak.
Itulah beberapa macam bahan dasar pot. Setelah membaca ulasan di atas tentu sobat bisa memilih sendiri pot yang disukai dengan aneka ragam bahan dasar. Sepertinya banyak yang ingin segera memiliki salah satu jenis pot di atas nih

Sumber bacaan:  http://www.aquidea.com/pemilihan-pot-untuk-tanaman-indoor

Artikel terkait lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar